Jumat, 10 Desember 2010

teruntuk sahabatku sang pecandupagi






*pic terakhir: pohank kita kubur idup2,hihihihi


waw..sudah lama sekali saya tidak menggauli blog! barusan ketemuan sama priska, dan dia cerita betapa byk org yg buka blog dia soal norvan. makasih byk ya priska untuk tulisannya itu..meski sebenernya saya getir banget; saya yg ngakunya sahabat dia ga pnh nulis ttg dia. alasan utamanya, saya ga sanggup. sejak saya denger kabar dia sakit, yg terbayang adalah kekonyolan dan senyum lebarnya itu..ga kebayang kayak apa kalo dia sakit? saya gak tahu gimana cara nulis untuk nunjukin empati saya,tanpa terbawa emosi dan akhirnya malah cengeng. oke, cukup preambulenya. saya rasa, skrg saatnya saya nulis kenangan tentang seorang norvan hardian sang pecandupagi. ya, saya sudah siap..

waktu di jatinangor, norvan adl salah satu temen jalan kaki saya. meski cuma sebatas rumadaffa (toko buku yg saat itu dikelolanya dkt gerbang unpad) sampe pangkalan damri/batu api/gerbang kosan saya. atau sekitaran braga di masa2 kejayaan sheath. betapa saya takjub denger cerita2nya dan cara dia bercerita, dan sepanjang jalan dijamin saya ketawa terus kayak abis makan jamur ajaib :)

padahal waktu pertama kali kenal di minor--kalo gasalah thn 2003--saya takut banget sama anak ini. saya diajak temen saya congor ke markas minor di daerah sukajadi.gila aja, saat itu siang2,muncullah norvan dgn sebotol minuman yg dbungkus plastik item (tentu bisa kalian tebak isinya). lengkap dgn kaleng berisi papir dan serbuk daun. FYI, di ruangan itu saya cewek satu2nya; cuma congor seorang yang saya kenal; dan saat itu saya masih jadi anak manis nan lugu..ahahahai.pertama kali liat norvan? "ini orang nggak bgt deh...," begitu pikir saya. cunihinnya ga ketulungan, udah gitu gaya rambutnya british abeesh,tapi celananya ngatung,converse tinggi butut,kemeja kotak2..halah punk bgt!kiblatnya ga jelas!hahahaha

menjelang masa2 krisis bikin skripsi pertengahan 2005, saya ketemu lagi sama si norvan--stlh skian lama ga ketemu dan ga kontak2an (kalopun dia sms,ga pernah saya bales krn maleuss..). congor ngajak saya ke rumadaffa,yg wkt itu blm buka scr resmi. entah knp,pas ktemu lg itu ad perasaan akrab,kyak ktmu sahabat lama. sejak itulah persahabatan kami dimulai, and the journey was about to begin...

perjalanan pertama kami yg lumayan jauh yakni pangandaran. rencana awal sih batu karas,tp akhirnya stuck di pangandaran..duduk di kursi bis paling belakang, saya,norvan dan kimung asik bersenang2 dgn "rempah" sepanjang jalan..hehehehe.sungguh masa muda yg menyenangkan! :D nah di cicaheum sblm brangkat,kim beli rokok dgn kemasan DJ***M COKLAT, tapi merk-nya JAMUR COKLAT, lengkap dgn logo jamur segede metromini. "wahaha...ini pertanda kita harus mushroom di sana!" pikir kami kompak. sialnya,dpt mushroom yg kecil2 (pdhl lg musim ujan!); susah dibersihin (jadi bgitu digigit berasa tahi sapi plus tanah2..yeeukh!). dan efeknya? kita betiga terduduk lemes di pantai, bengong, bloon dan nguantuk luar biasa kayak abis minum obat penenang.keruwetan mkn bertambah kala kamera kim (saat itu msh kamera rol,bayangkan! :D) gabisa lg dijepret,eh malah rol-nya kegulung.yaah..gagal deh moto sunset.tp galama kita cekikikan; lah ga ngaruh jg moto sunset, wong film-nya item putih :)

krn kim dan norvan blm puas,lantas sisa mushroom dicampur kopi,malem harinya.hooek,gaenak bgt!jamu kunyit asem aja kayaknya amsih lbh enak deh (ya iyalaaah..).trus kita jalan2 k pantai;dgn sdkt parno krn ada seseorang yg drtd ngeliatin kita terus.bentuknya aneh; entah mucikari atau bencong..badannya gede,mukanya serem,tp pk baju cewe.dia bolak2 terus d dpn kita.mgkn minta direspon,tp ga brani tlalu dkt krn ada saya (cewek).sampe suatu ketika, saya dgr norvan dan kim ngomong, "apakah itu orang yg sama?", dilanjutin dgn kim nepuk bahu saya, "nid? jgn bengong aja.." oke, pengaruh mushroom dll, saya luar biasa bego.pikiran saya udah jauh melayang di antara bintang2..eh nggak deng,saat itu mah berawan.pas balik ke hotel,mereka ngebahas..tnyt,saat itu mereka sadar kalo si orang aneh itu baru lewat di depan kita dari arah kanan.eh berapa menit kemudian,muncul lg dari arah yg sama!tapi saat yg kedua kalinya muncul ini,auranya kerasa beda.mukanya tampak lebih gede,lbh putih,tp ga jelas dmn mata,dmn idung..hiiiii.so we named him/her/it(??) UWO:unidentified walking object,hekekekek.nah lucunya,pas mereka bdua lagi parno2nya, orang aneh ini muncul lagi,trus dia kesandung, dan spontan nyalain senter sambil blg, "e-ee-eeh".wahahahahaha anti klimaks! baru deh kita ketawa2 kayak orang gila di hotel. ternyata efek si mas rum baru kerasa stlh kejadian horor!wakakak

suatu hari,norvan pensiun jadi temen jalan kaki saya krn dia punya motor! namanya Nurdin; lengkap dgn keranjang sepeda, disusul kmdn dgn bagasi,dan helm yang dikasi sayap di sisi2nya kyak saint seiya. saat itu anak2 sheath lg menikmati sore yg indah di kosan mangepi-congor-mas don di dagotimur. "ayo nid, gw anter sampe atas!" kata si norvan dgn semangat. wuih, tebengan ga mungkin disia2in dong! FYI, dago timur itu jalannya curam bgt. alhasil dr kosan menuju ujung gang,tanjakan tiada terkira. di tengah pendakian,norvan telat ganti gigi, dan saya jatuh dgn suksesnya! "Nid? kok lo jatoh sih? cepetan bangun,keburu ujan," dgn kalemnya beliau berbicara demikian.usut punya usut,tnyt saya adlh org pertama yg diboncengnya!jd ceritanya test drive.siaul!!!dan tanpa ragu2,besoknya dia ngajak ke batukaras,pk motor. busyet!baru d dagotimur aja saya udah jatoh,gmn nyampe batu karas??

kalo ini,cerita waktu mangepi nikah,awal thn 2005.saya,norvan dan pohank bergegas menuju sukabumi, rumahnya Ina, (saat itu) calon istri mangepi,dmn venue akan dilangsungkan.pdhl,manegpinya aja msh di kampung halamannya di ciamis; saya bahkan ga kenal ina apalagi keluarganya,hehehehe.tp ini seru bgt,krn kita betiga sok2an jd sukarelawan bantu2 nyiapin acara pernikahan. rumahnya ina enak bgt! terletak di kabupaten cibadak,sukabumi.halaman belakangnya, gunung kapur!tiap pagi/sore kita betiga ditemenin dimas,adiknya ina,jalan2 ke gunung,padang ilalang,reruntuhan pabrik kapur..nah di gunung kapur ini,saya nemuin batu2 kotak, kecil2.jadilah saya dan norvan berlomba2 nemuin batu serupa, dan tnyt banyak loh! oke,gunung kapur ini emang "digerus" buat diambil batu2 kapurnya.jd jgn kaget kalo tiap berapa menit kedenger bunyi "bum" pelan kala gunung diledakin,dan airnya terasa asam krn tercemar.tp knp pecahan batu2nya bisa berbentuk kotak ya?sayang,saya ga ngejaga koleksi batu2 kotak ini,dan kececer entah dmn..

kyaknya itu perjalanan terakhir saya bersama sang pecandu pagi..ga lama kmdn saya balik ke jakarta (dlm artian ga balik2 lg k bdg) krn dpt kerjaan.bbrp blm kmdn norvan menikah.berakhirlah journey trip kami,krn kami punya journey trip sendiri-sendiri untuk dilanjutin :)

norvan skrg ngelanjutin journey tripnya di kehidupan abadi..yah,meski saya nyesel bgt ga smpt nengokin waktu dia sakit,bhkan ga smpt ngeliat dia untuk terakhir kalinya krn saat saya datang ke makam bersama anggun,adiknya mangepi,jenazahnya udah diletakkan di liang,dan tanahnya lagi ditutup lagi.tp mgkn emg itu yg tbaik ya?mgkn saya ga akan kuat ngeliat dia terkulai lemah saat sakit,atau ngeliat jenazahnya dibalut kafan.. 'Nda,istrinya,tegar bgt.dia ga nangis,sesuai permintaan norvan.wah kalo saya d posisi 'Nda,pasti dgn kurang ajarnya saya akan blg: "enak aja lo nyuruh gw ga nangis!lo pikir????!!".maka beruntunglah dia,'Nda bkn tipe org kyak saya :) td ketemu kim di makam,dan dia blg, "tinggal kita berdua ya nid.." huaaaa....mewek lg deh..

hmmm skrn norvan lg apa ya? "lagi gambar karikatur Tuhan," saya nyengir. "haha,iya. dengan 6 lubang hidung," kata priska.baik2 di sana ya van..gw bakalan kangen bgt sama lo.setaunan ini kita jrg bgt ngobrol ya?sumbu emosi gw kian pendek;dipantik sdkt aj udah meledak2 kyak mercon.gw gampang bgt marah sama lo..oh,how silly..maafin gw ya..meski gw tau,lo udah jauh2 hari maafin gw.lo selalu bgitu.ga pnh dendam.duh gw mau nangis lagi.maaf gapnh bisa nahan nangis..gw ga sehebat 'Nda.van,klo ad waktu,mampir2 ya di mimpi gw..kita ngobrol2 lagi sambil jalan kaki :)

oia,baru sekali ini ketemu keluarga lo.ranu dan vulkan ganteng bgt;persis lo dan 'Nda. si Mama,gila mirip bgt sama lo! Abah jg ganteng.dan keluarga kalian mirip-mirip ya!!nah kalo lo ktemu kluarga besar gw,pasti ga akan ngeh,krn pada ga mirip,hihihihi.

selamat jalan sahabatku.smg gw bisa ninggalin bumi dgn senyum dan ketabahan kyak lo ya..btw,td gw nemu pohon dandelion di pinggiran tembok rumah lo.dia nyampein salam gw kan?peluk hangat dari sahabat lo yg kurang ajar ini ya :)

-ur beloved friend, nidandelion-

2 komentar:

  1. sedih bgt baca nya..
    fika baru tau kalo norvan yg suka ba nida ceritain ternyata udah gada. asli,, fika baru tau. ba nida ko ga crt ke fika?
    yang tabah ya ba nida,, norvan disana pasti senyum kalo liat ba nida lg jalan kaki,, walo skrng dia udah ga bisa nemenin ba nida lg jalan kaki or kmn2,,, tp kenangan ttg ba nida gakan pnh dia lupain. :)

    _fika_

    BalasHapus
  2. dia baru "pulang" hari kamis malem kmrn fi..kupikir fika udah tau,krn ka ratna jg taunya dr statusku.hehehehe terlalu sdh,jd blank ga cerita k byk org
    iya nih,dia pasti cengar cengir kalo liat aku jalan kaki kmn2 sendirian ya.."hari gini masih autis aja nid?" gitu pasti katanya.tp skrg aku ud pny byk temen jalan kaki kok,serangan pedestrian makin gencar! :D makasih ya fika... :)

    BalasHapus