Selasa, 04 Mei 2010

Oops.. Anda Memilih Korban yang Salah!

Bertahun2 ngehabisin waktu di jalan dan kendaraan umum, udah ga keitung deh berapa kali saya jadi tujuan pelecehan seksual oleh orang2 yang menyedihkan, yang ga tau gmn caranya melampiaskan hasrat mereka. Dan kayaknya, ga seorang cewek pun deh di Bumi Indonesia ini yang bebas dari pelecehan, sehari…. aja! Tau kan rasanya, gondok dan kesseelll bgt saat lagi jalan dgn enaknya tau2 disuitin?! Tampaknya sepele. Tapi tetep aja itu pelecehan kan?? Muak dan bosen! Emangnya mereka gak bisa ya bertingkah selayaknya manusia?

Ungkapan ‘practice makes perfect’, itu bener banget. Karena begitu seringnya ngalamin pelecehan (dari dosis ringan sampe buerrattt), survival skill saya jadi keasah banget. Selama SMA, saya pulang-pergi ke sekolah naik metro mini. Pernah suatu kali dalam perjalanan pulang, ada seorang pemuda (umurnya mungkin sekitar 20-an) duduk di sebelah saya. Gesturnya aneh. Resah, dan berusaha nangkep perhatian saya. Saya yang emang dasarnya autistik dan ga peduli, terus aja natap jendela. Manusia ga berguna di sebelah saya itu ga saya gubris sama sekali.

Alhasil dia BT karena saya cuekin, lalu pindah ke tempat duduk lain, di sebelah cewek juga. Ga lama, cewek itu teriak, trus langsung pindah tempat duduk! Ternyata pemuda itu eksibionis. Heran ya.. orang tuh kalo bikin pameran, biayanya mahal! Mesti sewa gedung, ngundang artis, dll. Ini kok seenaknya banget bikin pameran gratisan di bis. Ikh, modal dong!

Lain waktu, lagi-lagi sepulang sekolah, ada lagi nih cowok duduk di sebelah saya. Sama, gesturnya juga resah. Yang ngeselin, tangannya mulai ‘bermain’. Entah dia mau nge-harass saya atau mau nyopet. Pelan-pelan, saya ngeluarin pemantik api, trus saya bakar tangannya! Hahahahaha! Tapi muka saya tiis aja gitu, ngeliat ke depan tanpa ekspresi, kyak ga ada apa-apa atau ga ngelakuin apa-apa. Dia kaget, ngeliatin saya sampe matanya mendelik-delik. Terus karena ekspresi saya terus aja lempeng, akhirnya dia turun dari bis. Dia kan jelas punya niat jelek, makanya ga mungkin marah-marah ke saya. Mungkin dia berpikir, ‘ini cewek psikopat!’ Rasain!!

Cerita lain, yah biasa sih sebenernya, cuma digodain aja. Tapi kan nyebelin ya??!! Saya lagi jalan kaki pagi-pagi di sekitar rumah. Ada tuh sekumpulan tukang ojeg, yang gak tau gmn caranya ngisi waktu dgn kegiatan yg lbh berguna ketimbang ngomentarin cewek yg lagi jalan kaki. Ada satu orang yg ngomong, ‘satu-dua-satu-dua…’, seiring langkah saya. Saya pun berenti, natap mukanya, terus tepuk tangan. “Wah, bagus… udah bisa ngitung. Udah lulus SLB ya?” sambil senyum. Terus jalan lagi deh, lempeng. Para tukang ojeg itu pada bengong, terus negtawain temennya itu. Haha emang enak??

Pernah juga digodain seorang cowok, di deket rumah, coba! Sopannya! Berani-beraninya gangguin saya di kampung saya sendiri?? Pas saya udah ngelewatin dia, dengan mulutnya yang sebusuk anusnya itu dia ngomong, ‘Mbak, pantatnya goyang-goyang’. Waduh! Gak bisa diampunin ini mah! Saya langsung balik dan nyamperin dia. Kebetulan dia duduk, jadi tubuh saya yg mungil ini, lbh tinggi drpd dia, hehe. ‘Apa lo bilang tadi?’ trus saya tampar bolak-balik dengan semangatnya. ‘Gue ngerti, emang susah sih kalo jadi anak pelacur,’ lanjut saya. ‘Jangan kurang ajar Mba mulutnya!’ dia ngebales gitu. Saya keluarin deh jurus pamungkas: ‘Kalo gitu, kasian banget ya ibu lo yang baik hati. Susah-susah ngelahirin dan ngerawat lo, eh lo cuma bisa ngelecehin perempuan yang lagi jalan dan ga punya salah apa-apa ke lo. Lo ngelecehin gw, sama aja lo ngelecehin ibu lo sendiri!’. Terus saya jalan lagi, masih dengan mendongkol…

Nah kalo ini, cerita ttg eksibisionis. Waktu itu saya udah lama lulus, tapi lagi main ke Jatinangor, karena sahabat saya masih betah dsna (^ ^v). Sabtu pagi, saya jalan kaki keliling kampus. Pulangnya lewat UNWIM. Kan lagi liburan, jalanan sepi… enak bgt deh. Saya masuk-masuk ke UNWIM, ngagumin bunga-bunga liar yang banyak tumbuh di pekarangan kampus. Beberapa meter lagi pangkalan Damri, d saya memutuskan untuk keluar dari lingkungan UNWIM, jalan kaki di rumput tepi jalan. Ga lama, saya denger keresekan di balik semah dan pohon. Refleks, saya noleh dong. Sialnya, ternyata itu adalah eksibisionis yang lagi onani! Kurang ajarrr!!! Tapi (untungnya) karena saya egois dan sama sekali ga rela ngasih kepuasan ke itu orang dengan ketakutan saya, saya milih diem. Saya liatin lekat-lekat mukanya, tanpa ekspresi, terus saya jalan lagi. Sok cool… padahal mah kaki saya udah gemeteran, jantung saya rasanya mau keluar lewat tenggorokan!

Umumnya, eksibisionis itu lemah. Sebenernya, lebih enak ngehadepin eksibisionis ketimbang orang2 yg suka ngegodain, karena kecil kemungkinannya eksibisonis bertindak agresif (nyerang). Sementara klo orang yg ngegodain, kita berne2 gatau. Kalo dia ga suka sama reaksi kita yg nyerang, dia bs nyerang balik. Serem kan?

Nah, eksibisionis ini, dapet kepuasan kalo kita, korbannya, takut atau marah. Jadi, cara terbaik nghadepinnya, ya pura-pura ga takut! Kalo masih sanggup ngomong tanpa suara bergetar, lecehin dia balik: “alah, kecil gitu aja bangga!” Tapi emang butuh keberanian dan kekuatan besar banget buat ngehadepin eksebisionis dengan tenang. Apalagi kalo lagi sendirian dan di tempat sepi… kalau saya sih, bener-bener ga rela dia dapetin kepuasan itu! Enak aja! Jadi meski saya luar biasa deg-degan, saya tetep sok tenang, hihihi. Atau kalau mau lebih ekstrim, teriakin aja ‘Copeeet…’ atau ambil kayu/batu buat ngelukain dia. Saya kejam ya?? Yang pasti, rasanya sungguh luar biasa stlh ngasih pelajaran ke mansuia2 tolol itu! Sial untuk mereka, kali ini mereka memilih korban yang salah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar