Senin, 17 Mei 2010

Sleeping (boro-boro) Beauty

Sepanjang ingatan saya, saya tuh hobi banget tidur—di mana aja, dalam keadaan bagaimanapun. Waktu TK di Bandung, mandi pagi kan pake air dingin. Nah begitu belajar di kelas, langsung mata saya terpejam! Selama SMA dan kuliah, bisa terhitung berapa kali saya gak tidur saat belajar si kelas, bahkan saat ujian!

Believeit or not, tidur di kelas itu rasanya nikmaaaaaaaat… banget! Yang bisa nyaingin nikmatnya tidur di kelas, ya tidur di kendaran umum (non taksi tentunya, karena saya takut banget naik taksi sendirian, jadi boro-boro bisa tidur!). Saya pernah loh tidur di Damri sambil bawa carrier dan sleeping bag, sambil berdiri! Saat itu Damri penuh sesak. Saya dan sahabat saya Mayang kebagian nyempil di deket pintu. Begitu saya kebangun, orang-orang ternyata lagi pada sibuk nahan badan saya supaya ga jatuh! Hehehehe… mayang cuma geleng-geleng (padahal saya tau, dia juga ngantuk banget tuh! Malah mungkin, dia sempet ikutan ketiduran juga.. ;p).

Masalahnya, kecintaan saya terhadap kondisi tidur di bis, ga jarang nimbulin bencana buat saya. Kasusnya, ya apalagi kalau bukan kesasar… Mmm kesasar mungkin kurang tepat ya. Lebih tepatnya sih kelewatan turun, jadi waktu+tenaga+daya upaya kebuang percuma. Hahaha…

Suatu kali, saya naik KRL ke Kota, ketemuan sama sahabat saya yang lain, Priska. Saya gak dapet duduk. Karena mengidap klaustrofobia ringan, saya berdiri dengan gagahnyadi depan pintu—meski akibatnya mata saya peurih. Nah beberapa stasiun sebelum Kota, saya dapat duduk. Seneng banget dong! Tanpa ba-bi,bu, langsung deh mata saya merem. Sampe saya denger suara-suara berisik banget.. tapi saya cuekin karena terlalu males buka mata. Sampe akhirnya ponsel saya bunyi. Priska nanyain kenapa kok saya belum sampe juga di Kota. “Iya nih, lama banget ya?” jawab saya. Lalu perlahan, aura dingin menjalari punggung saya. Orang-orang di sekeliling saya udah beda semua, dan o-ow.. ternyata kereta udah balik arah!

Tapi teuteup, saya ogah dong ketahuan kalau saya kebawa balik lagi ke arah Pondok Kopi. Dengan sok cool saya berdiri, menuju pintu, dan turun di stasiun terdekat. Mau tau di mana? Saya juga lupa nama stasiunnya. Pokoknya di deket perempatan Jatinegara-Matraman. Mempertahankan gengsi, saya gak nunggu kereta yang ke Kota lagi. Lalu saya jalan kaki sambil bertanya-tanya dimana—akhirnya ketmu juga jalan besar—dan nerusin perjalanan dengan Busway.

Kali lain, saya naik bis dari Sudirman ke arah Tanjung Priok. Rencana awal, turun di UKI, seperti biasa. Ribuan kali saya menempuh perjalanan dengan rute ini, selalu sukses tuh turun di UKI. Namun kali ini nasib berkata lain. Karena sebel banget dengerin pengamen bersuara cempreng yang menyangka bahwa kita menyukai penampilannya sampai dia gak berhenti-henti main, jadi saya pasang MP3 player dan tidur dengan pulas.

Saya sempat terbangun; posisi bis di atas. ‘Oh, di Pancoran,” begitu pikir saya, dan merem lagi. Tapi pemandangannya kok agak beda ya? Untuk memastikan, saya kembali membuka kelopak mata dengan malasnya. Loh kok, bisnya masih di atas juga ya? Perasaan kan jalan layang Pancoran ga sepanjang ini—mmm.. Itu Carrefour, di sebelah kiri. Saya merem lagi. “Carrefour????” saya mulai panik. Ternyata saudara-saudara, bis sudah masuk tol bypass! Hahahaha. Akhirnya saya turun dengan sukses di Plumpang! Ampun!

Masih dengan pikiran blank, saya nyebrang dan naik metro mini ke arah Pulo Gadung. Kalo ga salah nomer 41. Bener-bener ga disaranin deh naik bis ini. Jalannya lelet kayak siput, ngelewatin pasar entah-apa-namanya yang super macet, dan karena penumpangnya selalu dikit, maka sang sopir yang terhormat dengan senang hati akan mengoper Anda ke bis lain! Bayangin, saya dioper 4 kali! Harusnya saya dapet rekor Muri tuh! Akhirnya saya sampe di kantor 3 jam kemudian, dengan kondisi lelah, letih, muram… Nggaklah! Jelas dengan kondisi capek luar biasa, kesel, dongkol, naik darah dan stres berat.

Ketololan tidur di bis, bahkan terbawa sampe ke luar negeri. Waktu itu saya dan Priska menghabiskan tabungan yang ga seberapa ke S’pur. Kita stay di apartemen temen di Clementi. Hari itu kami jalan-jalan seharian, sampe penampilan udah gak oke lagi—kusut berantakan dan keringetan. Lalu kami putusin untuk pulang dulu, baru keluar lagi jam 7 malem. Kebetulan apartemen lagi kosong, dan kami punya rencana hebat untuk dilakukan di apartemen. Dua perempuan manis ini baca peta dan berusaha cari tau, naik apa buat balik ke Clementi, di halte seberang Esplanade. Nah, muncullah bis dengan tulisan ‘Clementi’ di layar trayeknya. Dengan semangat dan penuh suka cita, kami pun naik. Duduk di lantai 2 yang shaydu dan nikmat, karena Cuma kami berdua penumpang di atas.

Perjalanan pun berlangsung mulus… Bis makin menjauh dari pusat keramaian. Di luar jendela, perumahan yang apik dengan pohon-pohon rindang. Mata mulai memberat… Priska menoleh ke arah saya yang lagi asik memandang melalui kotak kaca. Maka, Priska pun tidur, karena dipikirnya saya tokh masih semangat melek. Lima menit, sepuluh menit, saya mulai ngantuk. Karena Clementi adalah terminal terakhir, maka saya tak kuasa menolak ketika serangan kantuk itu mendera. Saya tertidur pulas.

Saya terbangun gelagapan, menanggapi suara panik Priska. “Nida, wake up! We’ve got the wrong bus!” Haah?? Kami berdua turun panik, lengkap dengan muka kusut abis bangun tidur. Kami nyangsang di terminal Bedok. Ternyata bis yang kami naiki itu jurusan Bedok-Clementi, dan dia mengarah ke Bedok! Untungnya di Singapur ya, jadi terminalnya nyaman, bersih dan yang pasti ga mengerikan macam Tanjung Priok atau Pulo Gadung. Akhirnya kami naik bis, dan nerusin jalan-jalan. Batal deh rencana lari-lari telanjang keliling apartemen, hehee.

Saya gak bisa mutusin, mana di antara ketiga cerita itu yang lebih atau paling bodoh. Tapi tetep aja tuh saya gak kapok tidur di bis. Sampe terpikir untuk bawa bantal kecil di perjalanan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar